matraciceni.com

Badan Pengelola Tepis Isu Duit Tapera buat Bangun IKN

Iuan wajib Tapera
Ilustrasi Iuran Tapera.Foto: Dok. 20Detik

Jakarta -

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menegaskan dana masyarakat yang dikumpulkan tidak digunakan membangun Ibu Kota Nusantara (IKN). Pengumpulan dana hanya digunakan untuk memberikan manfaat kepada peserta Tapera.

"Tidak ada hubungannya sekali antara dana dari peserta Tapera dengan pembangunan IKN, mohon maaf mungkin dari persepsi kami," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera BP Tapera Sugiyarto, dikutip dari Antara, Selasa (11/6/2024).

Sugiyarto menjelaskan dana peserta Tapera disimpan dalam akun terpisah. Uang yang dikumpulkan peserta murni digunakan untuk manfaat peserta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena uang yang berasal dari peserta itu murni digunakan kembali untuk peserta. Jadi katakanlah uang dari peserta itu itu ditaruh dalam akun terpisah dari akunnya dana Tapera dan itu digunakan untuk memberikan manfaat bagi peserta," katanya.

Sementara jika mengutip Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat, program tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang layak.

ADVERTISEMENT

Pasalnya, masyarakat masih dihadapkan pada kondisi permasalahan keterjangkauan, aksesibilitas, serta ketersediaan dana dan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pemenuhan kebutuhan rumah, perumahan, permukiman, serta lingkungan hunian perkotaan dan pedesaan.

Dalam menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang untuk menunjang pembiayaan perumahan, UU Nomor 4 Tahun 2016 juga menuliskan bahwa negara bertanggung jawab menyelenggarakan tabungan perumahan yang merupakan bagian dari sistem pembiayaan perumahan.

(hns/hns)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat