matraciceni.com

Penjelasan Lengkap soal Pelabuhan

Ratusan pemudik menaiki kapal Pelni Dobonsolo di kawasan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (17/4/2023).
Ilustrasi kapal di Pelabuhan - Foto: Pradita Utama

Jakarta -

Pelabuhan merupakan salah satu fasilitas yang menjadi tumpuan logistik nasional. Denyut nadi ekonomi suatu wilayah atau negara bisa dilihat dari tingkat kesibukan aktivitas di pelabuhan.

Tak cuma barang yang bisa keluar masuk di pelabuhan. Masyarakat juga bisa menggunakan pelabuhan sebagai fasilitas untuk menyeberang dan keluar masuk ke sebuah wilayah.

1. Definisi Pelabuhan

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 57 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Laut disebutkan pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/atau bongkar muat barang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bentuknya bisa berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra-dan antarmoda transportasi.

Pelabuhan sendiri bila digolongkan secara umum ada dua jenis, yaitu pelabuhan barang dan pelabuhan penumpang. Ada pelabuhan yang digunakan untuk naik turun penumpang ada juga yang digunakan untuk alur pengiriman barang.

ADVERTISEMENT

2. Jenis-jenis Pelabuhan di Indonesia

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan 57 tahun 2020 sendiri dijelaskan beberapa jenis pelabuhan, berikut ini daftarnya:

Pelabuhan Utama

Pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dan internasional, alih muat angkutan laut dalam negeri dan internasional dalam jumlah besar, dan sebagai tempat asai tujuan penumpang dan atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Pelabuhan Pengumpul

Pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Pelabuhan Pengumpan

Pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah terbatas, merupakan pengumpan bagi Pelabuhan Utama dan Pelabuhan Pengumpul, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan dalam provinsi.

Pelabuhan Pengumpan Regional

Pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah terbatas, merupakan pengumpan bagi Pelabuhan Utama dan Pelabuhan Pengumpul, dan sebagai tempat asai tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antar kabupaten /kota dalam provinsi.

Pelabuhan Pengumpan Lokal

Pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah terbatas, merupakan pengumpan bagi Pelabuhan Utama dan Pelabuhan Pengumpul, dan sebagai tempat asai tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan dalam kabupaten/kota.

3. Fungsi Pelabuhan

Ada beberapa fungsi pelabuhan, berikut daftarnya:

Fungsi gateway

Gateway yaitu pelabuhan berfungsi sebagai pintu yang dilalui orang dan barang ke dalam maupun ke luar pelabuhan yang bersangkutan. Disebut sebagai pintu karena pelabuhan jalan atau arena resmi bagi lalu lintas barang perdagangan.

Fungsi link

Link yaitu berfungsi sebagai mata rantai (link) yang menjadi penghubung rangkaian transportasi. Pada fungsinya sebagai link ini terdapat tiga unsur penting yakni:

-Menyalurkan atau memindahkan barang muatan dari kapal ke truk
-Operasi pemindahan berlangsung cepat artinya minimum delay
-Efisien dalam arti biaya

Fungsi interface (antarmuka)

Interface yaitu barang muatan yang diangkut melalui maritime transport setidaknya melalui dua kali, yakni dipelabuhanmuat dan satu kali dipelabuhanbongkar, kemudian barang diangkut menggunakan berbagai fasilitas dan peralatan mekanis maupun non mekanis.

Fungsi industrial entity

Industrial Entity yaitu pelabuhan yang diselenggarakan dengan baik akan bertumbuh dan akan menyuburkan bidang usaha lain sehingga area pelabuhan menjadi zona industri terkait dengan kepelabuhanan.

4. Daftar Pelabuhan Terbesar yang Ada di RI

Berikut ini ada juga deretan pelabuhan terbesar di Indonesia:

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Terletak di Jakarta Utara, DKI Jakarta dan memiliki luas 929,55 hektar dengan kapasitas 11,5 juta twenty-foot equivalent units (TEUs).

2. Pelabuhan Tanjung Perak

Terletak di Surabaya, Jawa Timur dan memiliki luas 951 hektar dengan kapasitas 9 juta TEUs.

3. Pelabuhan Patimban

Terletak di Subang, Jawa Barat dan memiliki luas 639 hektar dengan target kapasitas 7,5 juta TEUs.

4. Pelabuhan Soekarno-Hatta

Terletak di Makassar, Sulawesi Selatan dan memiliki luas 997 hektar dengan kapasitas 2 juta TEUs.

5. Pelabuhan Belawan

Terletak di Medan, Sumatera Utara dan memiliki luas 785 hektar dengan kapasitas 2 juta TEUs.

(hal/kil)

Terkini Lainnya

  • 1. Definisi Pelabuhan

  • 2. Jenis-jenis Pelabuhan di Indonesia

  • 3. Fungsi Pelabuhan

  • 4. Daftar Pelabuhan Terbesar yang Ada di RI

  • Istilah Kamus Terkait

  • ASN

Tautan Sahabat