matraciceni.com

Ini Alasan Upacara 17-an Dihelat di IKN dan Jakarta

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: YouTube Setpres

Jakarta -

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini bakal diadakan secara langsung dan bersamaan di dua kota. Tepatnya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan alasan upacara harus dilakukan di dua tempat tahun ini. Dia mengungkapkan alasan utamanya adalah harus ada transisi yang kelihatan soal perpindahan ibu kota. Perjalanan perpindahan ibu kota menurutnya harus terlihat secara simbolis.

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan di sana dilakukan," ungkap Jokowi ditemui di Posyandu RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, tahun depan ketika Keputusan Presiden mengenai perpindahan ibu kota sudah diteken dan dirilis semua upacara akan dilakukan di IKN.

"Tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN sana. Termasuk juga urusan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu juga sudah," beber Jokowi.

ADVERTISEMENT

Ketika ditanya apakah tamu penting, termasuk mantan-mantan presiden akan diundang ke IKN, Jokowi membenarkan.

"Semuanya diundang ke IKN," katanya singkat.

Seperti diketahui, upacara akan dibagi dua secara hybrid secara bersamaan di IKN dan Jakarta. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Jokowi bakal memimpin upacara di IKN Nusantara, sementara Wakil Presiden Maruf Amin akan berada di Jakarta.

Hal ini diketahui usai Muhadjir dan beberapa jajaran kementerian lembaga lainnya melakukan rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

"Pak Wapres yang di sini (Jakarta), IKN insyaallah pak Presiden langsung, pak Presiden memimpin," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Presiden dan Wakil Presiden terpilih juga bakal ikut dalam gelaran Upacara Hari Kemerdekaan.

Pertama, Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih akan ikut ke IKN bersama Jokowi, kemudian Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih akan upacara di Jakarta bersama Maruf Amin.

(hal/das)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat