matraciceni.com

6 Jawaban Saat Ditanya "Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?"

Ilustrasi Wawancara Kerja
Foto ilustrasi: Edi Wahyono

Daftar Isi
  • Alasan Kenapa Recruiter Menanyakan
  • Cara Menjawab Pertanyaan Interview
  • 1. Perusahaan Membantu dalam Meningkatkan Keterampilan dan Pengalaman 2. Perusahaan Mempunyai Reputasi yang Baik 3. Perusahaan Memiliki Visi dan Misi yang Sesuai dengan Anda 4. Perusahaan Memiliki Lingkungan Kerja yang Positif dan Nyaman 5. Perusahaan Mempunyai Keunggulan yang Sesuai dengan Minat Anda 6. Menceritakan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar
  • Cara Menjawab Pertanyaan yang Tidak Disarankan
  • 1. Tidak Ada Persiapan 2. Terlalu Fokus dengan Diri Sendiri 3. Memberikan Komentar Negatif pada Perusahaan Sebelumnya 4. Kurang Antusias 5. Ekspektasi Karir yang Terlalu Tinggi 6. Terlalu Memprioritaskan Gaji
Jakarta -

Saat melakukan interview, biasanya kita kan dihadapi dengan persoalan tanya jawab yang diajukan oleh recruiter mengenai diri Anda ataupun perusahaan. Salah satu pertanyaan yang biasanya muncul dalam interview adalah "mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?". Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan ini cukup mudah. Karena, jawabannya tergantung pada alasan yang diberikan oleh setiap kandidat.

Tidak ada benar atau salah dalam menjawab pertanyaan seperti itu. Berikut ini akan memberikan beberapa referensi jawaban yang sekiranya cocok untuk digunakan menjawab pertanyaan "mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?". Berikut referensinya yang dirangkum melalui berbagai sumber.

Alasan Kenapa Recruiter Menanyakan

Recruiter biasanya menanyakan hal tersebut karena ingin mengetahui pandangan dari Anda yang sedang melamar pekerjaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  1. Ingin tahu pengetahuan Anda mengenai posisi yang dilamar dan seberapa dalam mengetahui tentang perusahaan.
  2. Ingin tahu apakah Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan ini atau hanya ingin mendapatkan pekerjaan dengan posisi apapun.
  3. Ingin tahu apakah tujuan dari karir Anda sama dengan posisi yang akan Anda lamar.
  4. Ingin memastikan bahwa Anda benar-benar berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut dan posisi yang Anda lamar.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview

1. Perusahaan Membantu dalam Meningkatkan Keterampilan dan Pengalaman

Cara dalam menjawab pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" yang bagus adalah dengan menjelaskan bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri berhasil dalam menjalankan pekerjaan berdasarkan pengalaman dan skill yang Anda miliki.

Contoh cara menjawabnya:

ADVERTISEMENT
  • "Alasan mengapa saya ingin bekerja di perusahaan ini adalah karena saya bisa melihat diri saya tumbuh dan berkembang secara profesional melalui posisi yang akan saya lamar. Anda mungkin memperhatikan dari resume saya bahwa setiap pekerjaan yang saya miliki sejak lulus kuliah selalu berhubungan dengan (posisi), baik itu di (bidang). Saya yakin saya dapat menerapkan semua keterampilan yang telah saya peroleh sejauh ini ke dalam (posisi) di perusahaan ini."
  • Mengutip dari Video TikTok Vina Muliana, berikut jawaban yang bisa diberikan, "Saya mempunyai keterampilan (sebutkan keterampilan yang dimiliki) yang saya rasa akan cocok untuk mengisi (posisi yang dilamar) sesuai kebutuhan."

2. Perusahaan Mempunyai Reputasi yang Baik

Jawaban lain yang bisa diberikan kepada recruiter adalah dengan menjawab tentang seberapa bagus reputasi perusahaan yang sedang Anda lamar.
Contoh cara menjawabnya:

  • "Alasan kenapa saya bergabung pada perusahaan ini karena perusahaan ini mempunyai reputasi yang sangat baik, perusahaan ini bahkan sangat dikenal secara internasional untuk (pencapaian atau produk). Berdasarkan pencarian yang sudah saya lakukan sebelumnya, saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman yang saya miliki akan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan."

3. Perusahaan Memiliki Visi dan Misi yang Sesuai dengan Anda

Dengan mengetahui visi misi dari perusahaan yang akan dilamar, Anda bisa menjawab pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" dengan mudah. Karena Anda bisa mengaitkan visi misi dari perusahaan dengan tujuan Anda.

Contoh cara menjawabnya:

  • "Perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sangat sesuai dengan tujuan yang saya kehendaki dalam pekerjaan. Saya percaya bahwa saya dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan karena saya memiliki pengalaman pada (posisi yang dilamar) dengan jobdesk yang kurang lebih sama. Di perusahaan sebelumnya, saya mampu meraih (prestasi dan pencapaian) yang saya yakini dapat berguna bagi perusahaan ini ke depannya."

4. Perusahaan Memiliki Lingkungan Kerja yang Positif dan Nyaman

Jelaskan apa yang kamu tahu tentang lingkungan dan budaya kerja yang ada di perusahaan yang akan Anda lamar. Jelaskan melalui research yang sudah Anda lakukan bahwa perusahaan memiliki lingkungan dan budaya kerja yang nyaman.

Contoh cara menjawabnya:

  • "Alasan saya bergabung di perusahaan ini adalah karena perusahaan ini dikenal memiliki lingkungan dan budaya kerja yang positif serta nyaman di kalangan karyawan. Dengan lingkungan kerja yang positif dan nyaman, saya yakin kinerja saya akan meningkat sehingga visi misi dari perusahaan pun akan tercapai."
  • "Budaya kerja yang ada di perusahaan ini sangat baik dan bisa jadi tempat yang tepat untuk saya mengembangkan karir."

5. Perusahaan Mempunyai Keunggulan yang Sesuai dengan Minat Anda

Sebelum menjawab pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" sebaiknya kamu melakukan research terlebih dahulu mengenai keunggulan dari perusahaan, sehingga Anda dapat mengaitkannya dengan minat yang Anda miliki.

Contoh cara menjawabnya:

  • "Saya sudah lama mendengar dan mengetahui performa perusahaan ini dalam (bidang) sehingga saya sangat tertarik untuk bergabung. Produk yang perusahaan ini rilis selalu mendapatkan review positif dari masyarakat. Jika saya diizinkan untuk bergabung pada perusahaan ini, saya percaya bahwa saya bisa memberikan kontribusi yang baik dan bisa memperluas jangkauan perusahaan ini dengan kemampuan yang saya miliki."
  • "Karena perusahaan ini (sebutkan keunggulan perusahaan seusai riset yang sudah dilakukan) dan membuat saya semakin yakin untuk berkarir di perusahaan ini."

6. Menceritakan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Jawaban lain yang bisa diberikan saat menghadapi pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" adalah dengan menghubungkan pengalaman yang Anda miliki di perusahaan sebelumnya dan seberapa relevan pengalaman yang Anda miliki dengan posisi yang akan dilamar.

Contoh cara menjawabnya:

  • "Saya percaya bahwa pengalaman dan keterampilan yang saya miliki di perusahaan (nama perusahaan) telah membekali saya dengan wawasan serta pengetahuan yang berguna untuk membantu perusahaan ini berkembang ke depannya. Salah satu keterampilan yang saya miliki adalah (sebut keterampilan) yang berguna untuk perusahaan. Dari pengalaman yang saya dapatkan pada perusahaan sebelumnya, saya banyak mempelajari banyak hal-hal baru yang akan sangat berguna jika diaplikasikan pada perusahaan ini. Dengan kemampuan yang saya miliki, saya dapat membantu perusahaan untuk berkembang."

Cara Menjawab Pertanyaan yang Tidak Disarankan

1. Tidak Ada Persiapan

Menjawab dengan pernyataan umum yang mengindikasikan bahwa Anda belum melakukan riset tentang perusahaan atau posisi tersebut secara memadai, seperti "Saya tidak tahu banyak tentang perusahaan ini, tapi saya butuh pekerjaan."

2. Terlalu Fokus dengan Diri Sendiri

Hanya fokus pada keuntungan yang akan didapat tanpa menunjukkan ketertarikan yang tulus terhadap tujuan atau nilai-nilai perusahaan, seperti contohnya, "Saya ingin pekerjaan ini karena gajinya bagus dan menawarkan fasilitas yang bagus."

3. Memberikan Komentar Negatif pada Perusahaan Sebelumnya

Contohnya seperti: Mengkritik atau berbicara negatif tentang atasan, rekan kerja, atau pengalaman Anda saat ini atau sebelumnya dapat memberikan citra buruk tentang Anda dan terlihat tidak profesional.

4. Kurang Antusias

Memberikan respons yang datar atau tidak bersemangat. Gagal dalam menyampaikan secara semangat dan tidak memberikan ketertarikan yang tulus terhadap perusahaan maupun posisi yang dilamar, contohnya seperti, "Sepertinya ini adalah tempat yang oke untuk bekerja."

5. Ekspektasi Karir yang Terlalu Tinggi

Menyebutkan tujuan karir yang ambisius dan tidak berhubungan dengan posisi atau perusahaan, seperti contohnya, "Saya mencari batu loncatan untuk sesuatu yang sama sekali berbeda di masa depan."

6. Terlalu Memprioritaskan Gaji

Memprioritaskan gaji atau kompensasi sebagai alasan utama untuk menginginkan pekerjaan tersebut tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lain atau menunjukkan ketertarikan pada misi atau budaya perusahaan. Contohnya seperti, "Saya bekerja di perusahaan ini karena gajinya yang tinggi daripada perusahaan saya sebelumnya."

Nah itu dia jawaban beserta penjelasan mengenai pertanyaan interview "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" yang bisa rangkum. Semoga bermanfaat bagi detikers yang akan melaksanakan interview!



Simak Video "KuTips: Tips Jawab Pertanyaan 'Mau Gaji Berapa? Saat Interview Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat