matraciceni.com

Contoh Bank Umum Milik Campuran di Indonesia, Mana Saja?

DBS Bank Tower, Ciputra World 1, Jl Satrio, Jakarta
Bank DBS Indonesia, contoh bank campuran di Indonesia. Foto: Ari Saputra

Daftar Isi
  • Pengertian Bank Umum Milik Campuran
  • Contoh Bank Umum Milik Campuran
  • 1. BNP Paribas Indonesia 2. Bank DBS Indonesia 3. Bank China Construction Bank Indonesia 4. Bank Resona Perdania
  • Jenis-jenis Bank Asing
Jakarta -

Dilihat dari kepemilikannya, bank umum di Indonesia ada bermacam-macam jenisnya. Salah satunya adalah bank umum milik campuran. Bank ini dapat dikategorikan sebagai bank asing.

Simak artikel ini untuk mengetahui contoh bank umum milik campuran di Indonesia. Sebelum itu, ketahui juga pengertian dari bank umum milik campuran, lengkap dengan jenis-jenis bank asing.

Pengertian Bank Umum Milik Campuran

Secara sederhana, bank umum milik campuran adalah bank yang kepemilikannya merupakan gabungan atau joint venture dari pihak asing dan Indonesia. Bank ini sering disebut dengan bank campuran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, bank campuran adalah bank umum yang didirikan bersama oleh satu atau lebih bank umum yang berkedudukan di Indonesia dan didirikan oleh warga negara Indonesia dan/atau badan hukum Indonesia. Bank campuran dimiliki sepenuhnya oleh warga negara Indonesia, dengan satu atau lebih bank yang berkedudukan di luar negeri.

Syarat mengenai pendirian bank umum milik campuran ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 1992 Tentang Bank Umum Sebagaimana Telah Beberapa Kali Diubah Terakhir Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 1998.

ADVERTISEMENT

Bank umum termasuk bank campuran harus didirikan dengan modal sekurang-kurangnya sebesar Rp 3.000.000.000.000,00 (tiga triliun rupiah). Sementara mengenai penyertaan modal, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.03/2021 Tentang Bank Umum, pihak bank yang berkedudukan di luar negeri dalam pendirian bank campuran ditetapkan maksimal 99% dari modal yang disetor.

Contoh Bank Umum Milik Campuran

Dikutip dari buku Bank & Lembaga Keuangan Modern Lainnya (2020) oleh Syafril, SE, MM, contoh bank umum milik campuran di indonesia antara lain Bank BNP Paribas Indonesia, Bank DBS Indonesia, Bank China Construction Bank Indonesia, dan Bank Resona Perdania.

1. BNP Paribas Indonesia

Dikutip dari situs resmi BNP Paribas, bank ini berasal dari Prancis dan merupakan bank terkemuka di Uni Eropa. BNP Paribas tersebar di 63 negara di seluruh dunia. Dari laman OJK, saham BNP Paribas Indonesia dipegang oleh BNP Paribas SA sebanyak 74%, BNP Paribas Securities Pte. Ltd sebanyak 25%, dan PT. Andalan Multi Guna sebanyak 1%.

2. Bank DBS Indonesia

Dikutip dari situs resminya, DBS adalah grup jasa keuangan asal Singapura. Bank ini terkemuka di Asia dan tersebar di 19 negara. Saham bank ini dimiliki oleh DBS Bank Ltd sebesar 99% dan PT Bank Central Asia, Tbk sebesar 1%.

3. Bank China Construction Bank Indonesia

PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk adalah bank campuran yang merupakan merger dari Bank Windu Kentjana International dan PT Bank Antardaerah (Bank Anda) pada 30 November 2016.

Dalam situs resminya, Saham Bank China Construction Bank Indonesia dimiliki oleh China Construction Bank Corporation sebanyak 60,00%, UOB Kay Hian Pte Ltd sebanyak 8,21%, Johnny Wiraatmadja sebanyak 6,94%, dan saham publik sebanyak 24,85%.

4. Bank Resona Perdania

Dilansir dari situs Bank Resona Perdania, bank ini didirikan pada tanggal 15 Februari 1956. Bank Resona Perdania adalah bank joint venture dari beberapa perusahaan dari Jepang dan Indonesia. Pemilik sahamnya antara lain Resona Bank Ltd, The Bank of Yokohama Ltd, JAFCO Group Co Ltd, dan PT Resona Indonesia Finance.

Jenis-jenis Bank Asing

Dalam buku Perbankan: Seri Literasi Keuangan Perguruan Tinggi (2016) yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank umum milik campuran termasuk dalam bagian bank milik asing. Ada tiga jenis bank asing, yakni sebagai berikut:

  • Bank campuran, yaitu bank yang sahamnya terdiri dari pihak lokal dan pihak asing.
  • Bank nasional yang dikendalikan oleh pihak asing, seperti Bank Danamon, Bank Permata, Bank CIMB Niaga.
  • Kantor cabang bank asing, yakni kantor bank di Indonesia yang merupakan cabang dari bank yang berpusat di luar negeri, baik milik swasta asing atau pemerintah asing. Misalnya Bank Mizuho, Bank ICBC, dan Bank Commonwealth.

Nah, itulah tadi beberapa contoh bank umum milik campuran di Indonesia, lengkap dengan pengertian bank campuran dan jenis-jenis bank asing.



Wapres: Bank Syariah Banyak Setannya, Makanya Pangsa Pasarnya Masih 10%

Wapres: Bank Syariah Banyak Setannya, Makanya Pangsa Pasarnya Masih 10%


(bai/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat