matraciceni.com

Pengertian Ekonomi, Jenis, dan Contohnya

Poster
Ekonomi/Foto: Edi Wahyono

Jakarta -

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari kegiatan ekonomi setiap harinya. Sebab ekonomi merupakan setiap aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Misalnya saja dari membeli suatu barang atau jasa, sampai membuka usaha. Oleh karena itu, setiap orang tidak bisa terhindar menjadi pelaku kegiatan ekonomi. Lantas, apa yang dimaksud dengan ekonomi? Apa saja jenis-jenis ekonomi? Seperti apa contohnya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Berdasarkan situs pembelajaran online, Brain Academy, Kata 'ekonomi' diambil dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Oikonomia berasal dari dua kata yaitu "oikos" yang berarti "rumah tangga", dan "nomos" yang berarti "peraturan". Dapat disimpulkan, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara memenuhi kebutuhan hidup manusia dengan sumber daya yang tersedia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan berdasarkan KBBI BI Daring yang dimutakhirkan Oktober 2023, istilah KBBI bisa diartikan menjadi empat.

1. ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan)
2. pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga
3. tata kehidupan perekonomian (suatu negara)
4. urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara)

ADVERTISEMENT

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan manusia semakin banyak dan tidak terbatas. Karenanya Ilmu Ekonomi juga turut mengalami perkembangan hingga memiliki berbagai definisi. Di antara banyaknya definisi tersebut, secara ringkas berikut beberapa pengertian menurut para ahli:

1. Adam Smith

Ilmu ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

2. N. Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

3. Richard G. Lipsey

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

4. J. S. Mill

Ilmu ekonomi adalah sains (ilmu) praktikal tentang pengeluaran dan penagihan (pemasukan).

Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi sangatlah krusial dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Namun secara umum praktik ekonomi ini dapat dibagi menjadi tiga jenis. Tiap-tiap jenis ini melibatkan pihak perorangan atau organisasi sebagai pelaku kegiatan ekonomi.

1. Produksi

Pertama, jenis kegiatan ekonomi adalah produksi. Di sini, kegiatan dilakukan dengan menghasilkan produk maupun jasa. Produksi dilakukan oleh produsen guna memenuhi kebutuhan barang atau jasa dari konsumen atau pembeli.

Bersamaan dengan hal tersebut, tujuan dari produksi sebagai jenis kegiatan ekonomi adalah untuk mencari profit dari usahanya menjual barang yang diperlukan masyarakat. Contoh kegiatan ekonomi produksi adalah pabrik pembuatan minuman es teh dalam sachet, pabrik baju renang, dan lain sebagainya.

2. Distribusi

Distribusi adalah jenis kegiatan ekonomi selanjutnya. Dalam jenis ini, distributor menjadi pihak pelaku kegiatan ekonomi yang bertugas menyalurkan barang maupun jasa dari produsen kepada konsumen. Terdapat tiga jenis distributor, yaitu grosir, retail dan perantara. Sebagai contoh kegiatan ekonomi distribusi adalah swalayan dan toko kelontong.

3. Konsumsi

Jenis kegiatan ekonomi yang terakhir adalah konsumsi. Pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari selalu dilakukan dalam jenis ini.

Konsumsi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan nilai dari barang atau jasa yang telah dibeli atau didapatkan secara perlahan maupun langsung. Kegiatan konsumsi sendiri terbagi ke dua jenis, yaitu produsen menjual langsung ke pembeli atau pembeli membeli di distributor.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Berdasarkan situs bank OCBC NISP, kegiatan ekonomi dilakukan dengan tujuan jelas, yakni untuk bisa memenuhi kebutuhan diri maupun keluarga dalam jangka waktu yang mungkin tidak terbatas di masa sekarang dan masa depan.

Adapun tujuan lain dari pelaksanaan kegiatan ekonomi adalah:

1. Memberdayakan akal sehat yang dimiliki

Setiap manusia diberikan akal sehat, melakukan kegiatan ekonomi adalah salah satu wujud syukur dan usaha menjaga aset berikut supaya bisa berguna bagi orang lain. Selain itu, akal sehat membantu mengolah kreativitas diri dalam memikirkan cara meraih keuntungan maksimal guna memenuhi kebutuhan.

2. Mendapatkan uang, kekayaan dan kekuasaan

Meraih kekuasaan dan kekayaan menjadi tujuan kegiatan ekonomi selanjutnya. Hasil transaksi dari kegiatan ekonomi membantu manusia dalam mendapatkan kebutuhan pokok maupun sekunder.

3. Mengikuti norma sosial yang berlaku

Aturan sosial yang berlaku dalam masyarakat juga menentukan kegiatan ekonomi di dalamnya. Apabila kegiatan ekonomi sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, maka kegiatan ekonomi bisa berjalan lancar. Sebaliknya, masyarakat akan menolak apabila kegiatan menyimpang dari norma sosial di wilayah tersebut.

4. Memanfaatkan sumber daya

Tujuan kegiatan ekonomi selanjutnya adalah guna memanfaatkan sumber daya sekitar. Kendaraan, tanah, dan kemampuan diri dapat memiliki daya jual untuk mendapatkan kebutuhan jika diolah dengan baik.

5. Tidak menyimpang hukum

Tidak menyimpang hukum adalah tujuan kegiatan ekonomi lainnya. Jika dalam praktiknya terdapat korupsi, kecurangan, pencurian maupun tindakan-tindakan menyimpang maka kegiatan itu tidak termasuk dalam apa yang dimaksud kegiatan ekonomi.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Ciri-ciri kegiatan ekonomi adalah adanya usaha dalam pertukaran barang maupun jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Lalu apa saja contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat? Berikut beberapa di antaranya:

- Membuat masakan, minuman, sepatu, sabun, baju, dll
- Menjual pakaian, sayur dan buah-buahan, dll.
- Menjalankan profesi seperti dosen, desainer, polisi
- Membayar gaji karyawan
- Membeli tiket untuk menonton film
- Membeli peralatan dapur
- Menjadi supir truck atau pick up yang membawa barang ke pasar
- Menyimpan uang di bank
- Menggunakan kendaraan umum untuk bepergian
- dan masih banyak lagi kegiatan ekonomi lainnya

(fdl/fdl)

Terkini Lainnya

  • Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  • 1. Adam Smith

  • 2. N. Gregory Mankiw

  • 3. Richard G. Lipsey

  • 4. J. S. Mill

  • Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

  • 1. Produksi

  • 2. Distribusi

  • 3. Konsumsi

  • Tujuan Kegiatan Ekonomi

  • 1. Memberdayakan akal sehat yang dimiliki

  • 2. Mendapatkan uang, kekayaan dan kekuasaan

  • 3. Mengikuti norma sosial yang berlaku

  • 4. Memanfaatkan sumber daya

  • 5. Tidak menyimpang hukum

  • Contoh Kegiatan Ekonomi

  • Istilah Kamus Terkait

Tautan Sahabat