matraciceni.com

Apa Itu Deflasi?

Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Jakarta -

Istilah deflasi mungkin sering didengar terutama bagi mereka yang bergerak di bidang perdagangan. Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi yang diumumkan setiap bulan perkembangannya oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Pengertian Deflasi

Deflasi adalah suatu keadaan di mana terjadi penurunan harga barang secara terus-menerus. Dikutip dari Modul Ekonomi Kemdikbud Kelas XI oleh Basuki, S.Pd., M.M., deflasi adalah kondisi di mana jumlah uang beredar lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa.

Deflasi juga bisa diartikan sebagai fenomena penurunan harga yang terjadi di suatu wilayah. Kondisi ini terjadi karena kekurangan jumlah uang beredar yang menyebabkan daya beli masyarakat menjadi turun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa penyebab terjadinya deflasi antara lain menurunnya jumlah uang beredar di masyarakat karena cenderung menyimpan uangnya di bank, berkurangnya permintaan barang sementara produksi terus meningkat atau tidak bisa dikurangi, serta perlambatan kegiatan ekonomi yang membuat banyak pekerja terdampak karena berkurangnya penghasilan sehingga jumlah uang beredar pun menjadi berkurang.

Jenis Deflasi

Ada deflasi sirkulasi yang terjadi akibat penurunan perekonomian. Hal ini terjadi karena harga barang menurun akibat tingkat produksi dan konsumsi tidak seimbang.

ADVERTISEMENT

Kemudian, ada deflasi strategis yang terjadi karena strategi kebijakan pemerintah tidak berhasil. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah tidak bisa menekan angka konsumsi berlebih pada masyarakat sehingga menyebabkan penurunan harga.

Dampak Deflasi

Dampak positif deflasi adalah masyarakat bisa membeli dengan harga barang yang murah. Kondisi ini juga bisa menguatkan nilai mata uang.

Di sisi lain, deflasi tidak bagus untuk perekonomian. Dikutip dari buku 'Kamus Istilah Ekonomi dan Bisnis' oleh Henricus W. Ismanthono, ada beberapa dampak dari deflasi yakni menurunnya permintaan pasar sehingga memaksa para produsen mengurangi jumlah produksinya hingga bisa menurunkan keuntungan (laba) perusahaan.

Salah satu cara mengatasi deflasi adalah dengan menurunkan tingkat suku bunga. Bank sentral dapat mengambil kebijakan menurunkan tingkat suku bunga bank umum dengan harapan masyarakat banyak melakukan pinjaman dari bank dan pada akhirnya memungkinkan menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Contoh Deflasi

Indonesia pernah mengalami deflasi tiga bulan yakni Juli-Agustus-September 2020 di level masing-masing 0,10%, 0,05%, dan 0,05%. Saat itu kondisinya terjadi penurunan harga daging ayam ras, terlur ayam ras, bawang, serta beberapa jenis sayuran seperti tomat dan cabai rawit.

Deflasi berturut-turut juga pernah terjadi pada 1999, di mana saat itu terjadi deflasi selama tujuh bulan berturut-turut dari Maret hingga September.

Saat ini kondisi berbalik di mana Indonesia mengalami inflasi 0,17% secara bulanan (month to month/mtm) dan 2,56% secara tahunan (year on year/yoy) pada Oktober 2023. Inflasi terjadi karena sejumlah komponen semakin mahal utamanya beras, bensin, cabai, tarif angkutan udara, rokok kretek filter, kontrak rumah, daging ayam ras dan emas perhiasan.

Meski begitu, ada beberapa komoditas yang memberikan andil deflasi pada Oktober 2023 di antaranya ikan segar, telur ayam ras, tomat, bawang merah, minyak goreng dan bawang putih.

Itu lah pengertian deflasi. Jadi sekarang detikers sudah tahu kan apa yang dimaksud deflasi?

(aid/ara)

Terkini Lainnya

  • Pengertian Deflasi

  • Jenis Deflasi

  • Dampak Deflasi

  • Contoh Deflasi

  • Istilah Kamus Terkait

Tautan Sahabat