matraciceni.com

Agustus, Proyek Jalan Tol IKN Baru Mentok Sampai Pulau Balang

Jalan Tol IKN tengah dibangun. Begini penampakannya.
Foto: Dok. Kementerian PUPR

Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono blak-blakan jalan tol akses Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terhubung dengan ruas Balikpapan-Samarinda baru hanya akan tersambung hingga Pulau Balang per Agustus 2024.

Tol akses IKN sepanjang 27 kilometer akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan -Samarinda (Balsam) di KM 8 Kariangau. Basuki bilang nantinya tol bakal terhubung dulu hingga Pulau Balang.

"Jalan tol nanti baru sampai Pulau Balang insyaAllah sudah bisa dipakai, karena kita mau mengecek setelah tanggal 22 ke situ," ungkap Basuki di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2024) kemarin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan yaitu pada tiga seksi, yakni Seksi Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, lalu Seksi KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km.

Kemudian, Seksi Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km. Ketiga seksi jalan tol akses IKN ini yang dijamin Basuki bisa digunakan untuk bulan Agustus.

ADVERTISEMENT

Namun, dari Pulau Balang ke pusat kota Nusantara, Basuki bilang saat ini baru dikerjakan. Pasalnya dua seksi jalan tol hingga ke IKN baru selesai diurus pembebasan lahannya.

"Kalau dari Pulau Balang ke IKN, karena jalan tol 6A, 6B, kan baru dikerjakan, tapi sampai Agustus baru bisa dikejar sampai Pulau Balang," tegas Basuki.

(hal/rrd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat