matraciceni.com

Hotel Nusantara-Hunian ASN Siap Tampung Tamu-Petugas Upacara di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Isal Mawardi/)
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Isal Mawardi/)

Jakarta -

Proses penyiapan sarana-prasarana dan infrastruktur pendukung di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus digenjot penyelesaiannya untuk mendukung Upacara 17 Agustusan di sana. Hal ini termasuk tempat tinggal untuk tamu dan para petugas upacara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, satu buah hotel telah siap untuk menampung ratusan tamu. Hotel tersebut ialah Hotel Nusantara garapan Konsorsium Nusantara yang dipimpin Sugianto Kusuma (Aguan).

"Satu, Hotel Nusantara yang bisa menampung ada 90 atau 190 kamar," kata Basuki, ditemui di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, juga telah disiapkan Hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 12 tower untuk menampung tamu hingga petugas upacara. Pada bulan Agustus nanti, bangunan tersebut dipastikan sudah semi-furnish atau terisi furniture sehingga siap untuk ditempati.

"DIPA-nya untuk furniture sudah disetujui, tinggal diklik di e-catalogue. Minimal furniture itu tempat tidur, karena kalau dipasang semua yang di ASN kita khawatir nanti ada kerusakan. Jadi hanya tempat tidur, sofa, meja makan, mungkin akan dipasang," jelasnya.

ADVERTISEMENT

Namun demikian, ia tidak mengetahui secara detail jadwal dari kedatangan tamu maupun petugas upacara ke IKN. Hal ini berada di Bawah tanggung jawab Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Itu Setneg, tapi yang saya tahu tanggal 10 (Juli) Paskibraka sudah mulai latihan di sana," kata dia.

Basuki juga mengaku tidak mengetahui detail dari penempatan tamu. Dalam hal ini, siapa yang akan ditempatkan di Hotel Nusantara dan siapa yang akan menghuni Tower ASN.

"Itu nanti yang mengatur Pak Setneg dan Kasetpres. Itu Pak Kasetpres ada disana, Pak Heru (Budi Hartono)," pungkasnya.

(shc/rrd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat