matraciceni.com

Tol Cimanggis-Cibitung Garapan Waskita Pangkas Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung
Foto: Waskita Karya

Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah merampungkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 kilometer di Jawa Barat. Proyek ini secara resmi diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pembangunan jalan tol dimulai oleh perusahaan dengan kode saham WSKT pada Juni 2016, dengan total investasi mencapai Rp10,6 triliun.

"Keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar 30-45 menit. Dari sebelumnya satu sampai dua jam melalui Jalan Arteri," ujar Ma'ruf Amin dalam keterangan, dtikutip Rabu (10/7/2024)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf menjelaskan bahwa Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas ekonomi di wilayah tersebut.

"Akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini. Nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional," tambahnya.

ADVERTISEMENT

Sejak November 2020, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sudah beroperasi untuk Seksi Satu, yakni dari Cimanggis ke Jatikarya, dan kini Seksi Dua dari Jatikarya ke Cibitung juga dapat dilalui.

Direktur Utama Waskita Karya, Muhammad Hanugroho, menyatakan rasa syukurnya bahwa proyek ini selesai tepat waktu. Pria yang akrab disapa Oho itu yakin masyarakat akan merasakan manfaat dari jalan tol ini, termasuk dalam memangkas waktu perjalanan dari Depok dan Bogor ke Cibitung.

"Dari Depok, Bogor, dan sekitarnya menuju Cibitung melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kurang lebih hanya memakan waktu 30 menit," kata Oho.

Manfaat lain dari Jalan Tol Cimanggis-Cibitung adalah mengurangi kemacetan lalu lintas di Jalan Tol Lingkar Luar (JORR) I dan jalan tol dalam kota, serta meningkatkan kelancaran distribusi logistik dan menghubungkan kawasan industri di Bogor dan Bekasi.Keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi dan daerah sekitar.

"Ke depannya, Waskita terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya berkualitas baik, aman, dan nyaman," tambah dia.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1A dari Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2A dari Jatikarya-Nagrak, yang keduanya saat ini sudah beroperasi. Jalan tol ini menjadi akses yang lebih cepat dari Cibubur menuju Jalan Tol Jagorawi, sehingga perjalanan hanya memakan waktu 10 menit.

Proyek ini juga meningkatkan kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah, antara lain Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Setelah beroperasi penuh, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya, seperti Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Terhubungnya semua jaringan Jalan Tol JORR 2 diharapkan dapat akan melengkapi struktur jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan JORR I.

Jalan tol yang baru diresmikan ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek. Lebih lanjut, infrastruktur ini diharapkan dapat menjadi solusi mengurai kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau ke wilayah Bogor.



Hasnaeni 'Wanita Emas' Minta Dipindah dari Rutan Pondok Bambu Gegara Resah

Hasnaeni 'Wanita Emas' Minta Dipindah dari Rutan Pondok Bambu Gegara Resah


(ncm/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat