matraciceni.com

Pemerintah Jorjoran Bangun Jalan Tol, Kini Total Tembus 2.839 Km

Wapres Maruf Amin Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung Senilai Rp 10,6 T.
Foto: Shafira Cendra Arini/detik.com

Bogor -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi hasil pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan atau tol di Indonesia. Adapun saat ini, total jalan tol yang telah terbangun dan beroperasi ialah sepanjang 2.839 km.

Ma'ruf Amin mengatakan, dalam 9 tahun terakhir pembangunan infrastruktur jalan tol menunjukkan perkembangan yang signifikan. Bahkan, angkanya mengalami peningkatan rata-rata di atas 13% per tahun.

"Pembangunan tol di Indonesia selama 9 tahun terakhir signifikan mencapi lebih dari 13% per tahun. Saat ini panjang jalan tol mencapai 2.839 yang sebagian besar di Jawa dan Sumatera, dan sisanya di Kalimantan, Sulawesi dan Bali," kata Ma'ruf Amin dalam momentum Peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Jembatan Cileungsi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf Amin menilai, pertumbuhan jalan tol ini cukup menggembirakan. Namun dengan luas daratan Indonesia yang mencapai 2 juta km persegi, pembangunan penambahan jalan tol untuk konektivitas antar wilayah perlu terus ditingkatkan.

"Fasilitas infrastruktur seperti jalan ini meningkatkan aksesibiltas ke pusat-pusat ekonomi dan kawasan industri, pertanian dan wisata. Hal ini penting untuk keberlanjutan industri dan daya saing Indonesia," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Di samping itu, ia juga bersyukur bahwa proyek Tol Cimanggis-Cibitung rampung total dan bisa diresmikan pada hari ini. Adapun proyek ini telah dibangun sejak 2016 atau memakan waktu sekitar 8 tahun. Proyek ini menelan anggaran sekitar Rp 10,6 triliun.

"Ini merupakan bagian dari JORR 2 yang merupakan jaringan jalan bebas hambatan di Jabodetabek. Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh Cimanggis-Cibitung 30-40 menit dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri," sambungnya.

(shc/rrd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat