matraciceni.com

Tol JORR 2 Kini Tersambung Penuh, Cimanggis-Cibitung Paling Lama 40 Menit

Wapres Maruf Amin Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung Senilai Rp 10,6 T.
Foto: Shafira Cendra Arini/detik.com

Bogor -

Pemerintah telah meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Dengan rampungnya tol ini, kini Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 telah tersambung penuh sepanjang 111 km.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahriza, Komisi V DPR RI, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin mengatakan, Tol Cimanggis-Cibitumg ini merupakan bagian dari JORR 2 yang merupakan jaringan jalan bebas hambatan di Jabodetabek. Keberadaan ini diharapkan bisa memangkas wkatu tempuh Cimanggis-Cibitung jadi hanya 30-40 menit, dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita bersyukur jalan yang dibangun sejak 2016 ini akhirnya telah selesai dan siap beroperasi sepanjang 26,18 km. Dengan total investasi Rp 10,6 triliun," ujar Ma'ruf Amin di Jembatan Cileungsi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024).

"Ini merupakan bagian dari JORR 2 yang merupakan jaringan jalan bebas hambatan di Jabodetabek. Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh Cimanggis-Cibitung 30-40 menit dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin mengatakan, pembangunan jalan tol ini dilakukan untuk mewujudkan konektivitas pertumbuhan ekonomi dan peluasan pembangunan. Harapannya, keberadaan jalan akses ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan mobilitas di kawasan Jabodetabek.

"Konektivitas di Jakarta dan kawasan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Tol Cimanggis-Cibitung ini dengan jalan tol di Jabodetabek. Tol ini juga diharapkan akan mendorong efisiensi dan efektifitas ekonomi yang nantinya akan menyumbang kepada peningkatan ekonomi nasional dan daerah," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad mengatakan, tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini telah dibangun sejak tahum 2016 silam. Kontruksi membutuhkan waktu yang cukup lama karena adanya tantangan pembebasan lahan di kawasan perkotaan.

"Setelah beroperasi penuh, jalanan JORR 2 telah secara utuh tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cimanggis-Cibitung hingga Cilincing," kata Edwin dalam sambutannya.

Edwin mengatakan, jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek, diantaranya kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Jalan Tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta-Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Kertajati sehingga menjadi rus alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

"Bergabungnya SMI di jalan tol ini sebagai pemegang saham konsesi tol di tahun 2022. Ini adalah bentuk implementasi fungsi kami mendukung percepatan penyelesaian infrastruktur di Indonesia. Melalui kemitraan dan kerja sama strategis, SMI dan Waskita Karya, SMI berkomitmen mendukung penyelesaian melalui pinjaman pembiayaan dan penyertaan modal," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, secara keseluruhan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki Panjang total 26,18 km. Lalu sebelum ruas 2B ini rampung, yang sudah beroperasi adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya 3,17 Km dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km.

(shc/rrd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat