matraciceni.com

GBK Bakal Masuk PSN 2025, Jadi Kawasan Olah Raga-Hiburan

Laga Indonesia vs Vietnam akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Jumat (6/1/2023). Kick off-nya pukul 16.30 WIB.
Kawasan Gelora Bung Karno (GBK).Foto: Istimewa (dok. situs resmi Setneg)

Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Gelora Bung Karno (GBK) akan masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2025.

Ia menyebut masuknya GBK dalam daftar usulan PSN 2025 ini dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Istana Presiden, Jakarta, sore tadi.

"PSN juga mendapat arahan (dari Jokowi) bahwa PSN GBK ini akan diusulkan sebagai sebuah kawasan terpadu yang ditujukan untuk olah raga dan hiburan, dan nanti akan diusulkan investasi-investasi baru di PSN tersebut," terang Sandiaga usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Senin (8/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sandiaga menjelaskan kawasan GBK seluas 279 hektare ini memiliki kapasitas yang cukup untuk dijadikan kawasan terintegrasi event olah raga hingga konser musik berskala internasional. Pengembangan ini tentu dimaksudkan untuk menarik acara berskala internasional masuk Indonesia.

Meski begitu, rencana ini masih harus dikaji lebih lanjut oleh Badan Layanan Umum (BLU) pengelola GBK. Termasuk untuk wilayah mana saja yang diusulkan menjadi PSN hingga nilai investasinya nanti.

ADVERTISEMENT

"Ini nanti akan dikaji oleh BLU yang mengelola GBK dan apa yang akan dibangun wilayahnya di mana, akan diusulkan untuk menjadi PSN atas nilai investasi yang besar dengan dampak nilai ekonomi dan multiplier effect," ujarnya.

Ditargetkan pengusulan PSN GBK ini akan rampung pada 2025 nanti. Diajukan bersama dengan penganggaran proyek pengelolaan dana abadi sektor pariwisata Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF).

"Ini akan tuntaskan di 2025 pengusulannya, sama seperti penganggaran Indonesia Quality Tourism Fund yang regulasinya akan selesai di bulan Agustus nanti untuk dimasukkan di RAPBN 2025," ucap Sandiaga.

(hns/hns)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat