matraciceni.com

Basuki Buka-bukaan Para Menteri yang Jadi Tetangganya di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek rumah dinasnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Ia mengenakan kacamata hitam sambil melempar senyum.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengcek Rumah Dinas Menteri di IKN.Foto: Samuel Gading

Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan menteri yang bakal jadi tetangganya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Saat ini total ada 14 rumah tapak jabatan menteri (RTJM) yang telah dibangun dan siap huni.

Basuki mengatakan dari total 14 rumah dibas tersebut di antaranya ada rumah yang akan dihuninya. Basuki akan bertetangga dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

"Satu (rumah saya). Saya nomer tujuh, Pak Menhub nomer delapan, Menkes nomer sembilan, Menpan nomer sepuluh," kata Basuki, ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki menjelaskan penyelesaian infrastruktur dasar di IKN berjalan seiring rencana pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia.dan rencana para menteri Kabinet Indonesia Maju serta para ASN berkantor di sana.

Namun Basuki belum dapat memastikan kapan mulai pindah ke sana. Ia juga belum dapat memastikan apakah nanti ia beserta para menteri akan bekerja secara remote di IKN dan Jakarta atau seperti apa.

ADVERTISEMENT

Pada 18 Juli pekan depan ia berencana untuk berangkat ke IKN dan mengecek kesiapan infrastruktur dasar di sana. Salah satu yang akan diperiksanya ialah kesiapan distribusi air minum jelang Upacara 17 Agustus di sana.

Basuki mengatakan, dalam menyiapkan infrastruktur tersebut pihaknya menemui kendala lantaran curah hujan tinggi tengah secara intensif terjadi. Akibatnya, proses distribusi air bersih sedikit mengalami perlambatan dari target awal commissioning Juni 2024.

"Kira-kira tanggal 18 Juli saya ke sana, mau mengecek air minum. Air minumnya kalau sudah bisa Insyaallah (Presiden bisa pindah). Karena hujan terus di sana, tiap hari kan saya monitor," terang Basuki.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga memastikan bahwa 14 dari total 36 RTJM bakal rampung pada akhir Juli 2024. Penyelesaian disebut fully furnished alias berfasilitas fasilitas lengkap sampai perabotan.

"Rumah tapak kalau struktur, kalau yang disebut siap itu untuk Juli rumah tapak itu 14 furnished. Furnished sudah lengkap dengan segala perlengkapan dan piring, itu sampai akhir Juli siap," kata Danis di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Danis menjelaskan, karena sudah fully furnished, 14 RTJM tersebut sudah bisa ditempati oleh para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan rampungnya 14 RTJM itu, Danis menjelaskan bahwa total 20 RTJM ditarget rampung pada September dan Oktober mendatang.

Simak juga Video 'Bagaimana Kesiapan Lapangan IKN Jelang Upacara 17 Agustus?':

[Gambas:Video 20detik]

(shc/hns)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat