matraciceni.com

Bendungan Sepaku Semoi Siap Pasok Air ke IKN & Balikpapan

Bendungan Sepaku Semoi
Foto: Brantas Abipraya

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sepaku Semoi yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur karya PT Brantas Abipraya (Persero). Nantinya bendungan ini siap menyuplai air baku untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan kapasitas 2.000 liter per detik.

Diketahui, Bendungan Sepaku Semoi diresmikan oleh Jokowi pada Senin (3/6), didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi.

"Dipastikan, Bendungan Sepaku Semoi ini siap memasok air baku dengan kapasitas sebesar 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik untuk Balikpapan. Dengan luas genangan 322 hektar dan kapasitas tamping 16,17 juta meter kubik, nantinya bendungan ini juga dapat menjadi solusi banjir di IKN," ujar Sugeng dalam keterangan tertulis, Senin (10/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia berharap dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi ini dapat mengurangi banjir hingga 68 persen kawasan terdampak yakni seluas 1.700 hektar.

Diketahui, bendungan ini memiliki luas genangan kurang lebih 280 hektare, sehingga nantinya saat musim kemarau dapat menyokong suplai air bagi masyarakat.

ADVERTISEMENT

"Sehingga dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi ini, masyarakat tak perlu lagi khawatir akan tertimpa kekeringan di area persawahan," imbuh Sugeng.

Tak hanya sebagai penyuplai air baku, bendungan yang memiliki tinggi 25 meter dan panjang bendungan 450 meter ini juga berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata di Kalimantan Timur.

"Dengan telah dirampungkannya Bendungan Sepaku Semoi ini, Brantas Abipraya menunjukkan kontribusi penuh dan semangat kami membangun infrastruktur air yang unggul di Indonesia, serta bukti peran aktif Brantas Abipraya yang selalu hadir untuk negeri dalam mempersiapkan pra sarana mendukung pemerintah dalam mengatasi tantangan perubahan iklim global," tutup Sugeng.



Simak Video "Kepala Otorita IKN Mundur, PAN: Insyaallah Tak Akan Kacaukan Pembangunan"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat