matraciceni.com

Siapa Pengganti Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN? Ini Kata Luhut

Luhut Binsar Pandjaitan. (Dwi Rahmawati/).
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan. (Dwi Rahmawati/).

Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan belum ada pengganti resmi Bambang Susantono yang telah mundur dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Memang saat ini jabatan itu diduduki oleh Pelaksana tugas (Plt) yakni Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono. Luhut mengatakan saat ini belum ada nama baru untuk menjabat sebagai Kepala OIKN.

"Tidak ada. Sekarang apa yang dilakukan dengan Pak Basuki dengan Plt sudah bagus. Masalahnya di situ sudah kita identifikasi, nggak ada masalah yang terlalu serius," kata Luhut ditemui di DPR RI, Rabu (5/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Luhut mengatakan Basuki akan tetap menjadi Plt Kepala OIKN sampai ada pengganti resminya. Sementara terkait bagaimana nasib OIKN pada periode pemerintahan selanjutnya, Luhut juga enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

"Dia (Basuki) Plt saja sampai nanti ada (pengganti). (Periode ke depan) Nggak tahu, nanti tanya Presiden depan," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Luhut memastikan pembangunan ibu kota nusantara (IKN) tidak ada masalah. Ia meyakini pemerintah telah memperhitungkan bahwa pembangunan proyek kebanggan pemerintahan saat ini akan terus berlanjut.

"Ibu kota baru nggak ada masalah, berbagai proyek-proyek nggak ada masalah, kalau ada yang bilang ibu kota ada masalah, kita sudah hitung nggak ada masalah," kata dia dalam Rapat dengan Badan Anggaran DPR.

Luhut juga mengatakan bahwa permasalahan di IKN bukanlah terkait pembangunannya tetapi pemimpinnya. Ia memastikan bahwa pembangunan dan investasi terus berjalan, jika ada perlambatan menurutnya hal yang biasa.

"IKN itu nggak ada masalah. Yang masalah yang jadi pemimpinnya. Kalau orang bilang ada, tidak ada. Investasi pembangunan jalan, ada yang lambat sana sini ya biasalah. Banyak masalah lalu yang kita tuntaskan," pungkasnya

Sebelumnya, Bambang Susantono telah buka suara usai mundur dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Meski sudah tidak berada dalam organisasi, ia menyebut akan tetap menyumbangkan tenaga, pemikiran dan keahliannya demi terwujudnya IKN.

"Meski saya tidak lagi berada dalam organisasi Otorita IKN, saya akan terus menyumbangkan tenaga, pemikiran dan keahlian kami demi terwujudnya IKN yang hijau (green), cerdas (smart), tangguh (resilient), inklusif dan berkelanjutan (sustainable)," kata Bambang dalam unggahan di Instagram @bambangsusantono, Selasa (4/6/2024).

Bambang mengucapkan selamat bertugas kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang ditunjuk sebagai Plt Kepala OIKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala OIKN.

Simak Video 'Kata Luhut soal Kepala Otorita IKN Baru Pengganti Bambang Susantono':

[Gambas:Video 20detik]

(ada/das)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat