matraciceni.com

Diuji Beban 12 Truk 360 Ton, Tol MBZ Aman Dilintasi Semua Jenis Kendaraan

Tol MBZ
Foto: Istimewa

Jakarta -

Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) menyimpulkan Tol layang MBZ telah memenuhi aspek kelayakan serta aman untuk dilalui semua jenis kendaraan, mulai dari golongan I hingga V. Hal ini berdasarkan hasil uji beban yang dilakukan PT Risen Engineering Consultant selaku konsultan penguji.

Lendutan Tol MBZ disebut lebih baik dibandingkan nilai teoritis dalam tahap perencanaan. Hal ini pernah diungkapkan oleh salah satu saksi persidangan Tol MBZ yaitu Direktur PT Risen Engineering Consultants Josia Irwan Rastandi.

Josia menjelaskan lendutan di Tol MBZ telah memenuhi hasil uji beban. Berdasarkan uji beban di Ruas Cikunir-Karawang Barat, hasil lendutan berada di angka 59. Sedangkan secara teoritis, nilai maksimal lendutan di angka 65.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Maksimal lendutan 65. Dari hasil uji, ada yang nilainya 59. Ini aman. Semakin angkanya kecil dari maksimal, maka lendutan lebih bagus karena lebih kaku," ujar Josia dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7/2024).

Secara umum, lendutan itu adalah garis vertikal antara titik terendah dengan garis datar penghubung ujung balok yang melengkung akibat dibebani. Josia mengatakan, nilai lendutan yang semakin kecil berarti lebih bagus lantaran bentuknya yang semakin kaku.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, anggota Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Prof. Bambang Suhendro juga pernah menjelaskan mekanisme uji beban di Tol MBZ. Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengatakan uji beban dilakukan dengan menaikkan 12 unit truk secara bertahap. Adapun setiap truk memuat pasir sehingga berat masing-masing truk sebesar 30 ton. Sehingga total berat 12 truk adalah 360 ton.

"Berat satu truk 30 ton. Satu bentang 60 meter itu penuh 12 truk. Tapi memasukkan truk itu bertahap. Tahap pertama empat truk dulu lalu kami ukur respons lendutan dan kami posisikan truk berhenti di tengah" jawab Prof. Bambang.

Sebagai pihak yang mendampingi pengujian, Ahli dari KKJTJ Iwan Zarkasi menyebutkan, hasil pengujian membuktikan bahwa Tol MBZ bisa dan layak untuk dilewati kendaraan apa saja.

"Meski bukan wewenang kami, tapi kalau memenuhi uji dengan menggunakan 12 truk, berarti sudah memenuhi," kata Iwan.

Fakta yang sama juga pernah terungkap dalam persidangan sebelumnya, Direktur Utama PT Aria Jasa Reksatama Moh. Matorurrozak selaku konsultan pengendali mutu independen (PMI). Dia memastikan, mutu beton Tol MBZ sudah sesuai berdasarkan data yang diperoleh.



4 Terdakwa Kasus Korupsi Tol MBZ Tak Dituntut Bayar Uang Pengganti

4 Terdakwa Kasus Korupsi Tol MBZ Tak Dituntut Bayar Uang Pengganti


(ega/ega)

Terkini Lainnya

  • Tag Terpopuler

Tautan Sahabat