matraciceni.com

Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik RI Garapan Hyundai Rp 160 T

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik dan ekosistem baterai listrik pertama di Indonesia. Fasilitas ini dibangun oleh konsorsium Korea Selatan, LG dan Hyundai dalam bentuk perusahaan PT Hyundai LG Indonesia.

Jokowi bilang proyek ini merupakan ekosistem baterai listrik terintegrasi yang investasinya mencapai Rp 160 triliun. Pabrik baterai listrik ini bakal melengkapi ekosistem kendaraan listrik Hyundai di Indonesia, perusahaan itu juga telah memiliki pabrik mobil listriknya di Indonesia.

"Pada hari ini saya resmikan pabrik dan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia," tegas Jokowi dalam sambutannya, yang disiarkan virtual, Rabu (3/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Orang nomor satu di Indonesia itu berharap, pabrik baterai listrik garapan Hyundai dan LG ini bisa mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan.

Apalagi, Indonesia memang memiliki rencana besar untuk menjadi pemain global dalam rantai pasok kendaraan listrik. Kerja sama dengan Korea Selatan ini bisa mewujudkan rencana besar tersebut.

ADVERTISEMENT

"Yang paling penting kita harus bisa masuk jadi pemain global dalam supply chain kendaraan listrik," ungkap Jokowi.

Dengan bangga Jokowi juga mengumumkan bahwa pabrik baterai listrik Hyundai di Karawang, Jawa Barat ini menjadi pabrik baterai terbesar di Asia Tenggara. Dia menegaskan ini bakal menjadi tonggak rencana besar Indonesia sebagai negara pemain di pasar kendaraan listrik.

"Satu ini sudah dimulai dan ini merupakan pabrik cell battery electric vehicle yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara," ujar Jokowi.

(hal/kil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat