matraciceni.com

Jerman Jual Bitcoin Rp 35,75 T, Pasar 'Kebakaran'!

Bitcoin
Foto: Dok. Shutterstock

Jakarta -

Pemerintah Jerman menjual bitcoin senilai ratusan juta dolar dari dompet yang dioperasikan Kantor Polisi Kriminal Federal di negara tersebut (BKA). Hal ini membuat investor panik hingga pasar kripto 'kebakaran'.

Dilansir dari CNBC, Selasa (9/7/2024), pada Juni 2024 BKA menjual 900 bitcoin senilai US$ 52 juta atau setara Rp 845 miliar (kurs Rp 16.250). Pekan lalu, 3.000 bitcoin tambahan dijual dengan nilai sekitar US$ 172 juta atau Rp 2,79 triliun.

Kemudian pada Senin (8/7), dijual 2.739 bitcoin lagi senilai US$ 155 juta atau Rp 2,52 triliun. Penjualan ini membuat harga bitcoin turun drastis di bawah US$ 55.000 pada Jumat (5/7), terendah sejak Februari 2024 menurut data CoinGecko.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu, penjualan bitcoin di Jerman bukan satu-satunya perhatian bagi investor kripto. Mata uang kripto ini berada di bawah tekanan juga akibat pembayaran mata uang digital senilai miliaran dolar dari bursa bitcoin Mt. Gox yang bangkrut pada 2014.

Pada Jumat (5/7), wali dari harta kebangkrutan Mt. Gox, Nobuaki Kobayashi mengatakan telah mulai melakukan pembayaran kembali dalam bentuk bitcoin kepada beberapa kreditur melalui sejumlah pertukaran kripto yang ditunjuk.

ADVERTISEMENT

Menurut data CoinGecko, ada sekitar 19,7 juta bitcoin yang beredar saat ini senilai US$ 1,1 triliun. Bagi investor, yang terpenting adalah bagaimana penjualan tersebut berdampak pada suasana pasar.

Kepala Penelitian di manajer aset kripto CoinShares, James Butterfill mengatakan meskipun relatif kecil, penjualan bitcoin telah mempengaruhi sentimen pasar. Meskipun, harga Bitcoin masih naik 89% dalam 12 bulan terakhir.

Asal-usul Jerman Punya Bitcoin US$ 2 Miliar

Pada Januari 2024, polisi di negara bagian Saxony, Jerman Timur mengumumkan penyitaan hampir 50.000 bitcoin yang saat itu bernilai sekitar US$ 2,2 miliar atau Rp 35,75 triliun. Penyitaan tersebut dilabeli sebagai penyitaan Bitcoin paling ekstensif oleh otoritas penegak hukum di Republik Federal Jerman hingga saat ini.

Bitcoin tersebut disita dari operator Movie2k.to, situs pembajakan film yang aktif pada 2013 dan ditransfer ke dompet kripto milik BKA. Saat ini BKA memiliki sekitar 32.488 bitcoin dengan nilai sekitar US$ 1,9 miliar.

Tidak semua senang dengan keputusan pemerintah Jerman yang menjual kepemilikan bitcoin-nya. Anggota parlemen Jerman, Joana Cotar menilai harusnya token tersebut dipegang saja sebagai mata uang cadangan.

Cotar mengaku telah menulis surat kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz hingga Menteri Keuangan Christian Lindner untuk memberi tahu bahwa menjual bitcoin "bukan hanya tidak masuk akal, tetapi juga kontraproduktif".

(aid/das)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat