matraciceni.com

Pertamina Eksplorasi Cadangan Migas di Lepas Pantai Karawang

PHE ONWJ akan mengaktifkan kembali platform LES
Foto: Dok. PHE ONWJ

Jakarta -

Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi cadangan migas domestik.

Salah satu strategi meningkatkan produksi, PHE ONWJ akan mengaktifkan kembali platform LES. Platform LES terletak di lepas pantai 25 kilometer dari Cilamaya, Kabupaten Karawang ini diperkirakan menyimpan banyak potensi minyak dan gas.

General Manager PHE ONWJ, Muzwir Wiratama, menyebut lokasi cadangan migas itu berpotensi memiliki minyak mencapai 0.34 Million Stock Tank Barrels (MMSTB) dan 24.23 Billion Standard Cubic Feet (BSCF) untuk gas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saat ini proyek optimasi pengembangan lapangan LES dan reaktivasi platform LESA sudah berjalan dan akan rampung pada akhir tahun 2025. Proses drilling akan dimulai secepatnya setelah proyek optimasi pengembangan lapangan LES," kata dia dalam keterangannya, dikutip Sabtu (6/7/2024).

Lapangan LES pertama kali ditemukan pada tahun 1994 melalui sumur eksplorasi LESA-1. Platform LESA mulai produksi pada tahun 2001 dengan performa produksi hingga 3,5 MMSCFD melalui 3 (tiga) sumur aktif. Tiga sumur eksisting akan diaktifkan kembali setelah sebelumnya di non-aktifkan pada November 2017.

ADVERTISEMENT

Selain reaktivasi 3 sumur yang sudah ada, PHE ONWJ akan melanjutkan penambahan pemboran 2 sumur pengembangan baru dalam proyek ini. Dari 5 sumur yang akan dikelola, diperkirakan mampu menambah capaian produksi nasional sebesar 14,7 MMSCFD untuk gas dan kondensat sebesar 139,3 Barel Condensate Per Day (BCPD).

(ada/eds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat