matraciceni.com

Heboh Seleksi CPNS Bakal Dibuka 15 Juli, BKN Buka Suara

Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept
Ilustrasi - Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Jakarta -

Media sosial sempat diramaikan dengan kabar bahwa seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk CPNS dan calon PPPK, akan dibuka pada 15 Juli 2024. Atas hal tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun memberikan penjelasan.

Adapun jadwal seleksi CASN tersebut beredar melalui unggahan video TikTok. Di dalamnya disebutkan, pendaftaran periode I sudah dibuka untuk sekolah kedinasan. Sementara untuk periode II yakni seleksi umum disebutkannya akan diumumkan pada 15-29 Juli 2024. Lalu pendaftarannya sendiri dibuka pada 16 Juli 2024.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi tentang jadwal pembukaan seleksi CPNS dan calon PPPK 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu keputusan resmi Panselnas," kata Vino, saat dihubungi , Rabu (26/6/2024).

Dalam rencana besarnya, seleksi CASN sendiri akan dibuka sebanyak tiga kali. Pembukaan seleksi ini sempat molor dari target di bulan Juni 2024. Vino mengatakan, usai pengumuman dilaksanakan kelak, pihaknya akan menyampaikan secara rinci jadwal per tahapannya.

ADVERTISEMENT

"Setelah pembukaan diumumkan baru nanti BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per-tahapanya. Silakan ditunggu informasinya," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam timeline besarnya, seharusnya rangkaian seleksi dibuka dengan CPNS Sekolah Kedinasan (Sekdin) pada bulan Maret. Sayangnya, seleksi baru dibuka pada bulan Mei 2024. Sedangkan untuk seleksi CASN secara umum mulanya dijadwalkan dibuka Juni.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan, seiring dengan kondisi tersebut, ada kemungkinan bahwa seleksi CASN dibuka pada bulan Juli mendatang.

"Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa (buka seleksi). Tapi kita belum tahu ya kapan, masih nunggu penetapan dari Pak Menteri (PAN-RB)," kata Rini ditemui usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi II DPR RI di Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Rini mengatakan, saat ini BKN sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan. Apabila proses tersebut sudah rampung, maka penetapan formasi akan dilakukan.

Di sisi lain, Rini tetap optimistis seleksi tetap bisa digelar sebanyak 3 kali di tahun 2024 ini biarpun pembukaan seleksi sedikit molor. "Bisa sih, masih bisa," kata dia.

Sementara itu, Plh. Deputi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN, Suharmen mengatakan, kebutuhan formasi belum difinalisasi lantaran Kementerian PANRB terlebih dulu menyelesaikan coaching clinic dan pematangan Kembali detail formasi. Dalam hal ini, apakah sesuai dengan penyelesaian tenaga non-ASN alias honorer.

"Tapi CPNS kemarin dapat laporan dari KemenPANRB sudah selesai, namun belum bisa ditetapkan karena Pak Menteri masih melaksanakan ibadah haji. Kita masih menunggu itu. Kalau Pak Menteri sudah menetapkan secara prinsip, sistemnya sudah siap untuk diumumkan penerimaan untuk CPNS. Tapi untuk PPPK masih ada beberapa yang harus diverifikasi datanya," katanya, ditemui terpisah.

Lihat juga Video: Rekrutmen CPNS Kini 3 Kali Setahun, Peluang Jadi ASN Makin Terbuka

[Gambas:Video 20detik]



(shc/kil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat