matraciceni.com

Garuda RUPSLB Bulan Depan, Bakal Ada Pergantian Pengurus?

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) datangkan pesawat Boeing 777-300ER untuk melayani penerbangan haji mulai Agustus 2015. Hari ini maskapai pelat merah itu menerima B777-300ER ketujuhnya di Hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Rachman Haryanto/.
Foto: Rachman Haryanto

Jakarta -

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 15 Agustus 2024. Rapat tersebut merupakan usulan dari pemegang saham seri A Dwiwarna.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan RUPSLB yang akan digelar kemungkinan terkait dengan pergantian pengurus.

"Mungkin ada pergantian pengurus lagi mungkin," kata pria yang akrab disapa Tiko saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (10/7/2024) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dihubungi terpisah, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra meminta agar semua pihak menunggu agenda final RUPSLB. Dalam keterbukaan informasi, belum dijelaskan secara rinci terkait mata acara RUPSLB tersebut. "Tunggu final agendanya ya," ujar Irfan.

Sesuai dengan Pasal 16 Peraturan OJK dan Pasal 23 ayat (6) Anggaran Dasar Perseroan, pemegang saham yang dapat mengusulkan mata acara Rapat adalah Pemegang Saham Seri A Dwiwarna dan/atau satu Pemegang Saham atau lebih yang mewakili 1/20 atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang sah.

ADVERTISEMENT

Usulan mata acara rapat tersebut harus dilakukan dengan itikad baik, mempertimbangkan kepentingan Perseroan, merupakan mata acara yang memerlukan persetujuan rapat, menyertakan alasan dan bahan usulan mata acara rapat, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan anggaran dasar.

Terakhir Garuda melakukan perubahan pengurus pada RUPST yang digelar 22 Mei 2024. Dalam kesempatan itu menunjuk Marsekal TNI (Purn) Fadjar Prasetyo sebagai Komisaris Utama/Komisaris Independen, menggantikan Timur Sukirno yang kini menjabat sebagai Komisaris Independen.

Lebih lanjut, pada RUPST tersebut turut mengangkat Enny Kristiani sebagai Direktur Human Capital & Corporate Service. Posisi tersebut sebelumnya diisi Rahmat Hanafi selaku Pelaksana Tugas Direktur Human Capital, menggantikan posisi Almarhum Salman El Farisiy yang telah berpulang pada awal tahun 2024 lalu.

Berikut daftar pengurus Garuda Indonesia:

Dewan Direksi

  1. Direktur Utama: Irfan Setiaputra
  2. Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko: Prasetio
  3. Direktur Niaga: Ade R Susardi
  4. Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea
  5. Direktur Teknik: Rahmat Hanafi
  6. Direktur Human Capital dan Corporate Service: Enny Kristiani

Dewan Komisaris

  1. Komisaris Utama/Komisaris Independen: Fadjar Prasetyo
  2. Komisaris: Chairal Tanjung
  3. Komisaris Independen: Timur Sukirno

Simak juga Video: Penjelasan Garuda soal Pesawat Penjemput Jemaah Haji Putar Balik ke Solo

[Gambas:Video 20detik]



(aid/das)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat