matraciceni.com

Sudah Buyback di Juni, Siap-siap Bakal Ada Buyback Saham GOTO Lagi!

Logo GoTo
Foto: Shutterstock

Jakarta -

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya merealisasikan rencana perusahaan untuk melakukan pembelian kembali (share buyback) saham perusahaan di publik sejak mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST-RUPSLB) pada 11 Juni 2024.

Berdasarkan Daftar Pemegang Saham (DPS) bulanan yang dipublikasikan GOTO di Bursa Efek Indonesia (BEI), terungkap ada penambahan jumlah saham treasuri yang mencerminkan adanya buyback saham.

Istilah saham treasuri biasanya mencuat ketika suatu emiten atau perusahaan terbuka sedang melakukan rencana pembelian kembali saham di pasar dengan tujuan tertentu. Biasanya saham hasil buyback akan disimpan dalam saham treasuri tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam DPS terbaru, ada penambahan saham treasuri sebesar 3.825.000.000 sehingga total saham treasuri GOTO menjadi 14.089.665.616 saham per Juni 2024. Sebelumnya periode Mei 2024 saham treasuri GOTO baru sebanyak 10.264.665.616 saham.

Namun dalam DPS tersebut belum terungkap berapa harga buyback saham GOTO dan periode pembelian. Akan tetapi bila menghitung harga rata-rata saham GOTO dalam sebulan terakhir, terutama sejak disahkannya RUPST-RUPSLB 11 Juni-30 Juni 2024, saham GOTO diperdagangkan di level Rp 50,83/saham.

ADVERTISEMENT

Dengan perhitungan tersebut, maka nilai buyback saham GOTO ini diperkirakan setara dengan Rp 194 miliar atau sekitar 6% dari target buyback saham yang disetujui pemegang saham yakni mencapai US$ 200 juta, atau sekitar Rp 3,2 triliun.

Adapun rencana buyback ini sudah mendapatkan restu dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Juni lalu.

Direktur Utama GoTo Patrick Walujo mengatakan perseroan berada pada posisi yang semakin kuat untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang yang bernilai bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Inisiatif share buyback US$ 200 juta yang kami ajukan, merupakan bukti kemajuan yang dicapai GoTo seiring implementasi strategi untuk pertumbuhan yang lebih cepat serta berkelanjutan," kata Direktur Utama Patrick Walujo, dalam siaran keterangan tertulis, Selasa (9/7/2024).

Patrick mengatakan dengan arus kas yang terus membaik serta adanya nilai yang signifikan dalam saham perusahaan, pihaknya percaya bahwa share buyback adalah langkah yang bijak, seiring dengan upaya perusahaan memastikan bahwa sumber daya perseroan dimanfaatkan secara efisien.

Data BEI mencatat, pada perdagangan Selasa sore ini (9/7), saham GOTO masih diperdagangkan di level Rp 50/saham dengan nilai transaksi harian Rp 17 miliar. Saham GOTO justru banyak dibeli asing sebanyak Rp 4 miliar saat penutupan sesi II. Sepekan terakhir saham GOTO dibeli asing sebanyak Rp 40,31 miliar.

(akd/akd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat