matraciceni.com

Resmi Melantai di BEI, BLES Kantongi Dana Segar Rp 264 M

PT Superior Prima Sukses Tbk (Persero) hari ini resmi melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BLES.
Foto: Superior Prima Sukses

Jakarta -

PT Superior Prima Sukses Tbk (Persero) hari ini resmi melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BLES. BLES melakukan penawaran umum perdana (IPO) sejumlah 1.313.824.000 saham atau setara 15% dari modal ditempatkan Perseroan kepada masyarakat (Initial Public Offering/IPO) dengan harga penawaran Rp 183 per saham.

"BLES telah menunjuk PT Lotus Andalan Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi dalam proses IPO tersebut, dan telah melangsungkan penawaran umum saham sejak tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan tanggal 4 Juli 2024. Penawaran umum saham BLES tersebut telah berjalan dengan sukses dan mendapatkan respon yang sangat positif dari para investor, dengan terjadinya kelebihan permintaan (oversubscribe) yang tercatat sebanyak 80,15 X serta dengan jumlah investor lebih dari 37.000 investor, baik investor perorangan, institusi, nasional maupun asing," ujar Commercial Director PT Superior Prima Sukses Tbk (Persero) Henrianto dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2024).

Lebih lanjut, Henrianto menjelaskan dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, BLES memperoleh dana segar dari IPO sekitar Rp 264 miliar. Adapun dana IPO ini rencananya akan digunakan untuk pengembangan usaha BLES, yaitu untuk belanja modal (capital expenditure) sekitar Rp 100 miliar dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja (working capital).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Henrianto menambahkan, BLES berada di posisi strategis untuk meraih peluang pertumbuhan di Indonesia. Terlebih saat ini BLES dengan didukung oleh jaringan distribusi dan penjualan perseroan, yang saat ini meliputi 70 cabang dan lebih dari 13.000 outlet terdaftar, serta kapabilitas perseroan dalam menghasilkan produk berkualitas.

Ia mengungkapkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk BLES terlihat dalam penghargaan Top Brand yang diterima produk Blesscon selama 4 tahun berturut-turut dari tahun 2021-2024.

ADVERTISEMENT

"Pada tahun 2023, Perseroan yang merupakan bagian dari SPS Corporate mendapatkan kepercayaan dari Tancorp Group, suatu grup terkemuka dan memiliki reputasi yang sangat baik, yang dimiliki oleh Bapak Hermanto Tanoko, dimana melalui PT Tancorp Investama Mulia, Tancorp Group bergabung menjadi partner/mitra strategis sekaligus pemegang saham sebesar 11,35% di perseroan. Sinergi antara SPS Corporate dan Tancorp Group tentunya akan semakin memperkuat kinerja dan posisi Perseroan sebagai pemimpin pasar di industri bata ringan AAC," papar Henrianto.

Dalam rangka mencapai pertumbuhan kinerja usaha yang sustainable, lanjut Henrianto, Perseroan secara berkesinambungan melakukan pengembangan usaha dengan melakukan penetrasi pasar melalui perluasan jangkauan wilayah pemasaran.

Selain itu, Perseroan juga melakukan penjualan produk-produk serta penambahan kapasitas produksi di pabrik-pabrik yang dimiliki, serta melakukan rencana investasi pabrik baru (pabrik ke-5) di Jawa Tengah.

"Melalui langkah-langkah strategis tersebut, serta tetap konsisten pada strategi manajemen untuk terus menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan terpercaya bagi konsumen serta memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya, perseroan memproyeksikan akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan bersih secara eksponensial sebesar 28% di tahun 2024 dan 36% di tahun 2025, di mana pada tahun 2023, Perseroan telah berhasil mencatat pertumbuhan penjualan bersih sebesar 22,2%," pungkasnya.

(akd/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat