matraciceni.com

Cokelat nDalem Ukir Manisnya Usaha Mikro dengan Binaan BRI

Cokelat nDalem
Foto: BRI

Jakarta -

Produsen cokelat lokal asal Yogyakarta, Cokelat nDalem, menjadi salah satu UMKM yang mendapatkan pemberdayaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Sejak 2012 lalu, UMKM ini telah tergabung dengan program BRILIANPRENEUR, program yang fokus pada peningkatan akses penjualan UMKM.

Cokelat nDalem didirikan pada tahun 2013 oleh pasangan muda asal Yogyakarta, Meika Hazim dan Wednes Aria Yuda. Keduanya menggabungkan ilmu di bidang Teknologi Pertanian dan Manajemen untuk membangun usaha cokelat dengan cita rasa khas Nusantara.

"Salah satu varian favorit adalah di varian rasa segernya Indonesia dan kopi Indonesia. Kalau di varian segernya Indonesia kita punya rasa rujak, es cincau jeruk nipis, dan es kelapa muda cocopandan," tutur Meika dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meika berharap BRI dapat terus menjadi mitra yang terus mendukung pertumbuhan dan kemajuan sektor UMKM di Indonesia. Salah satunya melalui BRILIANPRENEUR yang bertujuan membantu UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan omset mereka.

"BRI sebagai bank besar, punya ekosistem bisnis serta telah memfasilitasi banyak UMKM, semoga BRI dapat menjadi bank mitra dari sisi UMKM yang bisa menghubungkan UMKM ke akses penjualan yang lebih besar lagi, sehingga usahanya dapat bertumbuh," ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Kegigihan Meika dan Yuda dalam membangun usaha serta dukungan dari BRI membawa Cokelat nDalem menjadi salah satu produsen cokelat lokal ternama di Yogyakarta. Para pencinta kuliner dapat merasakan sensasi rasa baru dan membawa pulang kenangan indah dari Yogyakarta dengan membeli oleh-oleh Cokelat nDalem yang tak hanya punya perpaduan cita rasa khas Nusantara dan kemasannya unik, tetapi juga pengalaman budaya yang tak terlupakan.

Sebagaimana diketahui, BRI terus mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. UMKM berperan vital dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61% dan penyerapan tenaga kerja sebesar 97%. Melihat potensi tersebut, BRI berkomitmen untuk terus memberikan dukungan permodalan dan pendampingan usaha kepada para pelaku UMKM.

Director of Small and Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan pihaknya memiliki program BRILIANPRENEUR, inisiatif BRI dalam memperkenalkan keunikan UMKM dan produk nasabah binaannya yang memiliki daya saing tinggi.

BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. Menurut Amam, hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

"Kami berharap kisah Cokelat nDalem dan UMKM lain yang berhasil go global dapat menjadi cerita inspiratif dan diikuti oleh pelaku UMKM lainnya di Indonesia," ujar Amam.

Amam mengatakan harapan tersebut selaras dengan komitmen BRI untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui berbagai program, seperti penyaluran kredit, pembinaan, dan pemberdayaan.

Ia berharap dukungan BRI dapat membantu UMKM terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional, seperti Cokelat nDalem yang berhasil dibina oleh BRI.



Jokowi Apresiasi BRI Biayai UMKM: Sebelumnya Diurusi Rentenir-Bank Titil

Jokowi Apresiasi BRI Biayai UMKM: Sebelumnya Diurusi Rentenir-Bank Titil


(ncm/ega)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat