matraciceni.com

Bahlil Buka-bukaan soal Starlink: Investasi Rp 30 Miliar, Karyawan 3 Orang

Internet starlink satellite in space near Earth. 3d render
Ilustrasi - Foto: Getty Images/iStockphoto/NiseriN

Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim bahwa dirinya tidak terlibat atas investasi perusahaan milik Elon Musk Starlink di Indonesia. Hal ini menyusul serangkaian kritik atas masuknya Starlink di bisnis ritel hingga mengancam provider-provider yang telah ada sebelumnya.

Bahlil mengatakan, secara keseluruhan investasi yang digelontorkan Starlink ke Indonesia mencapai Rp 30 miliar. Ia juga menyebut, Starlink terdaftar memiliki tenaga kerja 3 orang. Meski demikian, ia beserta timnya mengaku tak terlibat dengan pembahasan investasinya.

"Terkait dengan Starlink Elon Musk, saya perlu jujur, saya tidak handle langsung Starlink. Saya juga tidak pernah tim saya juga tidak pernah untuk melakukan pembahasan teknis terkait dengan Starlink. Saya jujur ini starlink ini investasinya Rp 30 miliar, ini data OSS ya, tenaga kerjanya 3 orang yang terdaftar," kata Bahlil, dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain dari data yang ia miliki melalui Online Single Submission (OSS), Bahlil mengaku tak bisa memberikan penjelasan tambahan. Ia juga takut malah menciptakan multi interpretasi menyangkut isu Starlink ini.

"Tetapi, karena ini adalah investasi, juga merupakan bagian tanggung jawab kami untuk menjelaskan kepada Bapak Ibu yang mulia pada hari ini," ujar Bahlil.

ADVERTISEMENT

"Prinsipnya adalah, selama tidak menyalahi aturan, dan itu dibuka sesuai dengan aturan, maka kami akan melakukan proses. Tapi kalau ditanya kenapa dan bagaimana, itu posisi kami, karena jujur kami tidak pernah membahas hal ini secara teknis. Jadi kami tidak tahu," sambungnya.

Lebih lanjut Bahlil menjelaskan, alasannya tidak terlibat langsung dalam investasi Starlink di Indonesia ialah karena saat ini izin bisa langsung keluar melalui OSS, tanpa harus bertemu langsung dengan menteri. Hal ink selama investor memenuhi aturan yang berlaku.

"Kalo kami ini hanya bagian pendaftaran untuk NIB-nya saja terus kemudian izin dasar aja dan itu keluar tanpa harus ketemu tim lewat OSS udah bisa, selama udah ada notifikasi dari kementerian teknis itu sudah jalan. Jadi kajian mungkin lewat kementerian teknis, mungkin. Oleh tim saya menyampaikan juga tidak pernah membahas hal ini secara teknis, jadi mungkin kementerian teknis," jelas dia.

Sebagai tambahan informasi, kehadiran layanan internet Starlink milik Elon Musk disambut positif Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, Starlink dapat membuat masyarakat memperoleh akses layanan internet, pendidikan, hingga kesehatan yang lebih baik. Menurut Luhut, hadirnya layanan internet berbasis satelit itu membuat menara Base Transceiver Station (BTS) tidak diperlukan lagi.

"Nggak perlu ada BTS-BTSan orang udah ada Starlink," kata Luhut dalam talkshow di Menara Global, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Luhut kemudian menjelaskan bahwa ada berbagai keunggulan yang dihadirkan Starlink di Indonesia. Mulai dari biaya telekomunikasi yang rendah, pembukaan akses masyarakat pendidikan di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), sampai layanan kesehatan.

Dalam aspek kesehatan, masyarakat 3T bahkan disebutnya bisa dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang berpengalaman di Jakarta.

Di sisi lain, Luhut mengatakan bahwa pemerintah pada dasarnya memberi ruang bagi perusahaan telekomunikasi global, nasional, bahkan perusahaan telekomunikasi milik negara untuk berkompetisi. Sebab lewat kompetisi, perusahaan akan saling meningkatkan kapasitas untuk menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat.

"Sebenarnya kita mau berikan kesempatan yang sama ke semua orang, saya kira akan memberikan juga servis bagus kepada masyarakat banyak, yang paling untung siapa? Masyarakat, kan? Kalau kau nggak bisa berkompetisi ya salahmu. Tugas pemerintah memberikan services yang sebaik-baiknya kepada masyarakat," imbuh Luhut.

Lihat juga Video: Jawaban Menkominfo Dicecar Anggota DPR soal Starlink

[Gambas:Video 20detik]



(shc/kil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat