matraciceni.com

20 Ide Jualan Makanan Ringan Paling Populer dan Laris

Portrait of middle aged woman in her kitchen
Foto: Getty Images/Vladimir Vladimirov

Daftar Isi
  • Ide Jualan Makanan Ringan
  • 1. Steak Ayam Crispy Mini 2. Pisang Cokelat 3. Makaroni Pedas 4. Keripik Kentang 5. Timus 6. Singkong Keju 7. Keripik Singkong 8. Keripik Pisang 9. Pisang Goreng 10. Pisang Sale 11. Kuping Gajah 12. Basreng 13. Keripik Tempe 14. Keripik Emping 15. Kacang Telur 16. Stik Bawang 17. Kue Sus Kering Cokelat 18. Bakpao 19. Cakwe 20. Roti Bakar
Jakarta -

Kamu mau buka usaha jualan makanan ringan? Buat para pemula, kamu bisa mencoba usaha kecil-kecilan dengan sistem produksi yang mudah. Selain itu, usahakan memilih produk yang disukai dari dulu hingga hingga sekarang.

Nah, di bawah ini ada 20 ide jualan makanan ringan yang paling populer dan laris di pasaran. Proses membuatnya juga bisa dilakukan semua orang. Coba pilih satu atau beberapa jenis makanan ini dan jalankan dengan serius.

Ide Jualan Makanan Ringan

Berikut ini 20 ide jualan makanan ringan yang bisa kamu coba:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Steak Ayam Crispy Mini

Steak ayam crispy tentu sudah populer di Indonesia, tapi mungkin bagi sebagian orang harganya terlalu mahal. Kamu bisa membuat steak ayam crispy yang murah meriah sehingga terjangkau buat semua orang.

Potonglah ayam kecil-kecil, kemudian balut dengan tepung. Yang terpenting buatlah saus atau kuah steak yang enak. Sajikan ke wadah yang menarik, lengkapi dengan sendok atau tusuk agar pembeli bisa makan dengan mudah.

ADVERTISEMENT

2. Pisang Cokelat

Ide jualan makanan ringan yang kedua adalah pisang cokelat atau pisang karamel. Makanan ini sudah populer sejak lama dan masih disukai berbagai kalangan.

Kamu tinggal menyesuaikan dengan target market. Jika dijual di sekolah, buatlah yang agak kecil agar dijual lebih murah.

3. Makaroni Pedas

Makanan ringan pedas masih disukai banyak orang, terutama para generasi muda yang suka tantangan. Kamu bisa membuat makaroni pedas dengan level tertentu, mulai dari tidak pedas, agak pedas hingga sangat pedas, misalnya dibuat level 0 hingga level 5.

4. Keripik Kentang

Selanjutnya ada keripik kentang yang beberapa kali populer dengan tampilan berbeda. Ada keripik kentang yang dibuat tipis bulat, tipis bergelombang, hingga berulir atau spiral.

Kamu bisa memilih bentuk yang kira-kira diminati target market yang sesuai. Tentunya siapkan berbagai pilihan rasa untuk menarik minat pembeli.

5. Timus

Timus adalah makanan olahan dari ubi. Ubi yang dihaluskan dicampur dengan tapioka dan berbagai bahan. Setelah dibentuk lonjong, adonan ini digoreng.

Timus memiliki rasa manis gurih. Kamu bisa memodifikasinya dengan isian, misalnya gula jawa, durian, cokelat, dan sebagainya.

6. Singkong Keju

Singkong keju juga bisa menjadi ide jualan makanan ringan yang mudah dan murah. Inti dari produksi jualan makanan ini adalah bagaimana kamu bisa membuat singkong goreng ini terasa empuk di bagian dalam dan renyah di luar. Sajikan dengan keju parut sehingga tampak lebih berkelas.

7. Keripik Singkong

Singkong juga bisa dibuat menjadi keripik. Seperti keripik kentang, kamu bisa memotongnya tipis-tipis atau bisa juga dibentuk ulir yang lebih menarik. Yang pasti, keripik ini harus terasa garing krispi saat digigit. Tambahkan aneka rasa sesuai permintaan pembeli.

8. Keripik Pisang

Pisang juga menjadi bahan yang bisa diolah menjadi banyak produk, salah satunya keripik. Keripik pisang bisa dibuat manis atau asin. Keripik pisang asin bisa dikreasikan dengan bumbu keju, balado, jagung bakar, atau barbeque.

9. Pisang Goreng

Pisang juga bisa dibuat menjadi pisang goreng yang sejak dulu disukai banyak kalangan. Banyak jenis pisang goreng yang bisa dijual, misalnya pisang balut tepung yang sudah umum, kemudian pisang molen, atau pisang goreng dengan aneka topping.

10. Pisang Sale

Selain dibuat keripik dan pisang goreng, ada juga pisang sale yang enak rasanya. Pisang sale unik karena memerlukan proses penjemuran daging pisang dan pengasapan agar menjadi tahan lama.

Pisang ini lalu dilumuri gula tebu agar lebih manis. Pisang sale juga merupakan makanan khas Aceh.

11. Kuping Gajah

Makanan ringan kering cocok untuk pemula karena awet alias tidak mudah basi. Salah satu yang bisa dicoba adalah kuping gajah. Rasanya yang manis dan enak membuat makanan ini sering disajikan di acara kumpul keluarga. Kuping gajah biasanya dijual grosiran.

12. Basreng

Basreng adalah bakso goreng yang merupakan makanan ringan khas Sunda. Bahannya adalah bakso ikan yang dipotong agak tipis kemudian digoreng. Kini basreng banyak dijual dengan aneka rasa, terutama pedas berlevel.

13. Keripik Tempe

Ide jualan makanan ringan selanjutnya ada keripik tempe yang menjadi pilihan makanan ringan sehat. Tempe dikenal baik karena mengandung protein nabatinya.

Pembeli mungkin bosan makan tempe yang biasa, jadi kamu bisa menjual tempe dalam bentuk keripik yang cocok dijadikan sebagai cemilan.

14. Keripik Emping

Keripik emping adalah cemilan khas Indonesia yang dibuat dari biji melinjo. Selain untuk cemilan, makanan ini juga bisa digunakan sebagai pendamping makanan besar.

Rasanya memang agak pahit dan dipadu dengan asin. Namun sekali merasakan emping, biasanya orang tidak bisa berhenti makan. Pembeli keripik ini biasanya orang dewasa hingga tua.

15. Kacang Telur

Ide jualan makanan ringan yang juga laris adalah kacang telur. Makanan ini dibuat dari kacang tanah, telur, tepung ketan, bawang putih, garam, ketumbar, dan gula.

Rasanya dominan manis pada kulitnya dan gurih pada kacang tanahnya. Kacang ini biasanya menjadi pelengkap sajian snack kotak dalam acara arisan dan sebagainya.

16. Stik Bawang

Stik bawang adalah makanan ringan yang dibuat dari olahan tepung dan bumbu bawang. Adonan kemudian dibentuk seperti stik memanjang, lalu digoreng. Kreasikan dengan saus aneka rasa untuk cocolan, misalnya saus cokelat, saus barbeque, atau yang lainnya.

17. Kue Sus Kering Cokelat

Selanjutnya ada kue sus kering cokelat. Keunikan makanan ini adalah renyah di luar dan lembut di dalam. Selain cokelat, kamu juga bisa mengganti rasanya dengan vanila, green tea, durian, atau rasa lainnya.

18. Bakpao

Selain makanan kering, kamu juga bisa mencoba menjual bakpao. Bakpao berasal dari Cina dan biasa menjadi salah satu dimsum kukus.

Di Indonesia, bakpao tidak jauh berbeda dengan roti, hanya saja cara membuatnya dikukus, bukan dioven. Isian dari bakpao ini seperti kacang hijau, cokelat, daging, atau selai.

19. Cakwe

Cakwe juga terkadang disebut odading. Bahan utamanya adalah tepung terigu. Rasanya gurih dengan paduan tekstur yang agak ulet saat digigit. Kamu bisa berinovasi dengan menambahkan isian daging ayam, sapi, atau ikan.

20. Roti Bakar

Ide jualan makanan ringan yang terakhir adalah roti bakar. Sebetulnya makanan ini lebih tepat disebut roti panggang. Anak-anak muda suka menyebutnya dengan toast bread dan biasa menjadi pendamping kopi atau cokelat di kafe. Kamu mungkin sudah pernah membuatnya di rumah, sehingga tak sulit jika ingin menjualnya.

Demikian tadi 20 ide jualan makanan ringan yang paling laris dan populer dari dulu hingga sekarang. Kamu bisa mencoba memproduksi dan menjualnya kepada teman atau lewat online. Semoga berhasil, ya!



Lilin Aromaterapi, Omzet Ratusan Juta

Lilin Aromaterapi, Omzet Ratusan Juta


(bai/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat